Tips Merawat Furniture Dengan Tepat

Furniture interior dari bahan kayu memang memiliki perawatan yang susah susah gampang, jika kita merawatnya dengan cara yang kurang tepat bisa saja bahan kayu tersebut memiliki masa yang kurang maksimal atau justruk merusaknya.



Perawatan yang kurang tepat juga biasanya akan menimbulkan jamur. Tetapi jika perawatan ada di jalur yang tepat produk kayu terutama pada bahan jati akan tetap terlihat mengkilap dan awet sampai bertahun tahun.

Nah, Info Interior Furniture memiliki tips tips dalam merawat furniture dengan tepat. Mau tau tips tips nya? Simak tips tips berikut ini :

LAKUKAN PEMOLESAN ULANG PADA FURNITURE YANG ANTIK
Jika Anda memiliki furniture yang antik poles ulang setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap antik dan menawan.

POLES MEBEL JATI DENGAN CAIRAN MINYAK JATI
Jika anda memiliki furniture jati dan menyukai perabotan dari jati dengan warna alami anda dapat memoles kayu jati anda dengan cairan minyak jati, biasanya untuk penempatan jati yang diluar ruangan dan yang warnanya sudah memudar atau kusam, setidaknya 2 – 3 hari sekali di lap untuk membuatnya tetap cantik, antik dan menawan.

TEMPATKAN PADA POSISI YANG TEPAT
Tentunya dalam hal penempatan juga harus tepat. Tempatkan furniture Anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Usahakan juga agar perabotan furniture Anda tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena hal itu dapat membuat furniture Anda terlihat kusam, lapisan-lapisannya menjadi retak atau melengkung.

JANGAN LUPAKAN SELA-SELA & SUDUT FURNITURE
Sela-sela dan sudut furniture seringkali terlupakan untuk dibersihkan. Bersihkan sela-sela ukiran atau sudut furniture jati dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Pada titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap.

Sapukan kuas dengan halus sampai bersih. Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati misalnya, cara memindahkan sebuah kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena Anda tidak akan pernah tahu, apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya. Sebab semakin tua usia furniture tersebut semakin membuat kualitas lem berkurang.

BERSIHKAN KEMBALI KEMUDIAN BIARKAN KERING
Pada Permukaan furniture jati yang sudah dibersihkan dengan pledge harus dibersihkan kembali dengan kain ball. Kemudian dibiarkan kering. Kain ball bisa dibeli di toko bangunan / material.

UNTUK FURNITURE HARIAN BERSIHKAN DENGAN KEMONCENG
Untuk pembersihan pada furniture kayu harian, cukup sapu permukaan mebel atau meja kayu anda dengan menggunakan kemoceng secara merata.

SEMPROTKAN PLEDGE
Gunakan pledge atau Wax (Cairan Pelapis Furniture) untuk membersihkan permukaan furniture. Semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-sela furniture kayu. Semprotkan seperlunya. Jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan di toko furniture atau pasaran.

BERIKAN TAPLAK UNTUK MENJAGANYA
Jagalah permukaan furniture dengan baik, untuk menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik Anda secara perlahan. Tentunya dengan rutin pula pergantian taplak tersebut, minimal seminggu sekali untuk pergantian taplak.

 Diatas tadi beberapa tips merawat furniture dengan tepat. Semoga artikel diatas ini bermanfaat untuk anda dalam merawat perabot furniture dirumah anda.

Tips Merawat Furniture Dengan Tepat Tips Merawat Furniture Dengan Tepat Reviewed by Desain Interior on 11.31 Rating: 5

Tidak ada komentar: